oleh

Cegah Aktivitas PETI, 3 Pilar Lakukan Giat Patroli Gabungan

Ket. Foto : Petugas Gabungan berhasil temukan alat PETI di lokasi

Landak, Kalbar– Beritainvestigasi.com. Aparat Gabungan Forkopimka yang terdiri dari tiga pilar Koramil 1201-07/Mempawah Hulu, bersama Polsek dan Pemerintah Kecamatan Sompak melaksanakan patroli gabungan dalam upaya mencegah aktivitas Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Dusun Saliat, Desa Galar, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Jum’at (03/09/2021).

Danramil Mempawah Hulu, Kapten Czi. Joko Umbaran, menjelaskan, bahwa kegiatan patroli tersebut guna menyikapi keresahan masyarakat terhadap kegiatan penambangan liar yang dapat merusak lingkungan.

Dalam kegiatan patroli gabungan tersebut hanya berhasil menemukan Barang Bukti (BB) berupa 1. Set Dompeng, 1 Set Robin.

“Barang Bukti ditinggalkan para penambang liar,” ujar Kapten Czi. Joko.

Dikatakannya bahwa kegiatan PETI tersebut melanggar aturan dan merusak lingkungan.

” Kegiatan ini jelas sudah melanggar aturan serta dapat menimbulkan gangguan keamanan maupun kerusakan terhadap lingkungan nantinya,” kata Danramil.

Danramil juga menegaskan bahwa pihak TNI/POLRI bersama Pemerintah Daerah Kecamatan Sompak dan instansi terkait akan terus melakukan Operasi terhadap para pelaku penambangan ilegal khususnya yang berada di Kecamatan Sompak.

Di kesempatan yang sama, Kapolsek Mempawah Hulu, IPTU Asep Tabroni menghimbau dan berpesan kepada masyarakat yang berada di sekitar tambang emas ilegal, jika mengetahui ada kegiatan tambang ilegal untuk tidak segan-segan segera melaporkan kepada pihak berwajib, paling tidak disampaikan kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas setempat.

“Kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan Polsek bersama Koramil dan Pemerintah Daerah Kecamatan, akan terus secara bersama melakukan pengecekan PETI ilegal, setelah kita imbau terus menerus untuk tidak melakukan PETI lagi,dengan melakukan Patroli Gabungan lanjutan,”Jelas Kapolsek.

Sementara itu,Camat Sompak Marcel Benny menjelaskan, pemerintah Kecamatan sudah melakukan upaya untuk menghentikan aktivitas PETI ini dengan terus berkordinasi dengan Danramil dan Kapolsek Mempawah Hulu. ” Aktifitas PETI harus dilarang karena dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, ” jelas Camat Marcel.

Pada Kegiatan Patroli Gabungan turut di hadiri Kades Galar, Hendri Denny, Kades Pakumbang, Fridillon Rio Karvi, Kades Lingkonong Aloysius, Kades Amawakng Anolius, Ketua DAD Seselius, dan perwakilan tiap warga Desa.  (Vr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed