IKM Rumah Tamadun Rohil Sebagai Peserta UMKM Kegiatan NEXT Kementrian Perdagangan RI

Riau, Rohil72 Dilihat
Ket. Foto : Hendra Dermawan, SPd bersama Coach dan Peserta NEXT oleh Kementrian Perdagangan RI di Bali

Rohil, Riau – Beritainvestigasi.com. IKM Rumah Tamadun menjadi satu satunya Pelaku UMKM asal Rokan Hilir yang mengikuti kegiatan NEXT (New Export BreakTrough) yang digagas oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

NEXT merupakan program pembinaan pelaku usaha perkebunan agar dapat menembus pasar ekspor. Program tersebut menjadi upaya kolaboratif pemerintah dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan ekspor produk perkebunan. Kegiatan tersebut berlangsung di Bali sejak tanggal (29 -2/5/2024).

“Kegiatan ini diadakan oleh Kementerian Perdagangan untuk seluruh Indonesia bagi pelaku usaha yang dibina untuk siap ekspor. Maka diseleksilah seluruh Indonesia dan terpilih 90 orang kemudian lagi diadakan kurasi untuk menuju 30 orang. Alhamdulillah untuk di Rohil Saya yang terpilih dan dari Riau 2 orang. Kegiatan sangat bergengsi karena diseleksi langsung oleh Kementrian Perdagangan,” terang Direktur Utama IKM Rumah Tamadun, Hendra Dermawan, S.Pd melalui telepon selulernya, Jumat (03/05/2024).

Hendra menjelaskan, kegiatan ini nantinya diharapkan mampu melahirkan pelaku usaha yang memiliki produk unggulan daerah.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat luar biasa. Diadakan di dua tempat yaitu di Bali dan Bandung. Alhamdulillah Rumah Tamaddun terpilih untuk mengikuti kegiatan di Bali. Saat ini menunggu informasi untuk dibina selama setahun akan ada 30 UMKM terbaik,” paparnya.

Tak hanya sampai disitu, Hendra juga mengucapkan terimakasih bagi pihak-pihak yang telah mendukung keberangkatan mereka mengikuti kegiatan itu.

Keterangan foto : Dirut IKM Rumah Tamaddun, Hendra Dermawan, S.Pd bersama Coach.

“Terimakasih kepada pihak yang telah mendukung dan support keberangkatan kami, diantaranya PHR, Politeknik Negeri Bengkalis, BRK Syariah Pusat, BUMD PD Sarana Pembangunan Rokan (SPR). Harapan Saya, kegiatan ini mampu menjadi contoh untuk pelaku UMKM lainnya, agar mampu menciptakan produk terbaiknya dan membangun negeri,” tutup Hendra.

Untuk diketahui, produk pertama yang dihasilkan oleh IKM Rumah Tamadun adalah Tanjak yang dihasilkan merupakan yang pertama di kabupaten Rokan Hilir, lewat sebuah Gerakan Rohil Bertanjak yang dimulai sejak tahun 2017.

Seiring perkembangan waktu, produk yang dihasilkan Rumah Tamadun semakin bervariasi, produk berupa pengolahan Limbah Lidi Sawit menjadi aneka kerajinan, seperti Tas Lidi Sawit, Piring Lidi Sawit, Mangkok Lidi Sawit dan aneka Souvernir.

Beberapa prestasi yang sudah diraih oleh IKM Rumah Tamadun diantaranya adalah, Juara 1 Adikriya Piala Gubernur Riau Tahun 2019 oleh Dinas Perindustrian Provinsi Riau.

Peraih penghargaan Shiddakarya Tahun 2020 tingkat Provinsi Riau. Kuala Lumpur Business Matching 2019, Utusan Riau Pameran di Melaka dalam rangka kegiata GCF 2019, Expor ke Macau dan Malaysia lewat PT Sarinah Jakarta, dan prestasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *