Ini Tanggapan Ketua HMI Metro Pasca Pembakaran Kantor PT. GAP

Kota Metro, Lampung269 Dilihat

Kota Metro, Lampung – Beritainvestigasi.com. Pasca insiden pembakaran Kantor Perkebunan PT. Gunung Aji Pubian di Pubian, Lampung Tengah, berujung terjadinya bentrokan antara warga dan Polisi pada, (21/11/2022).

Dari kejadian tersebut, Ketua HMI Cabang Metro, Chairul Aji Angkat bicara.

Ia mengatakan, pihak Polres Lampung Tengah lebih cermat dan profesional dalam proses penindakan konflik di Kecamatan Pubian.

“Kita sepakat hukum harus ditegakkan, akan tetapi kita harus melihat situasi” ucap Chairul.

Irul juga sangat menyayangkan dalam proses penindakan jangan sampai merugikan orang lain baik secara moril atau materil.

“Ada beberapa laporan dari masyarakat Pubian bahwa rumahnya diduga dimasuki oleh aparat kepolisian secara paksa dengan cara merusak pintu dll, padahal kondisi di rumah tersebut sedang tidak ada orang karena keluarga pemilik rumah sedang beraktivitas diluar dan mereka ternyata bukanlah bagian orang-orang yang dicari pihak berwenang, bisa dikatakan salah sasaran,” katanya. (29/11/2022).

Akibat dari kejadian tersebut, masyarakat yang tidak terlibat merasa sangat dirugikan atas kejadian tersebut.

Maka, diharapkan ke depan,  pihak kepolisian dalam menyelesaikan konflik lebih mengedepankan upaya fasilitas mediasi yang lebih konkret, humanis, dan dinamis sesuai sosiologi adat istiadat di tempat tersebut.

“jangan sampai nantinya pihak kepolisian ingin berniat menyelesaikan dan melakukan penegakan hukum justru timbul permasalahan dan gejolak konflik yang baru, karena penindakan tidak terlalu berpatokan kepada hukum tertulis namun dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sosiologi di kalangan masyarakat itu sendiri,” ujar Irul.  (Tama).

Editor : Wesly (Asesor Sertifikasi Kompetensi Wartawan/SKW).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *