oleh

Jelang HUT ke-76 RI, Lantamal IV Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donot Darah

Tanjungpinang, Kepri – Beritainvestigasi.com. Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Tanjungpinang (Lantamal IV Tanjungpinang), menggelar aksi Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah kepada Masyarakat Maritim yang berlangsung di Gedung Serba Guna Mako Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis pagi (12/08/2021).

Pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah juga disejalankan dengan Hari Ulang Tahun Ke-75 Jalasenastri

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang (Danlantamal IV Tanjungpinang),  Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., meninjau langsung pelaksanaan tersebut bersama Kepala UTD PMI Kota Tanjungpinang, Karumkital Midiato Suratani, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Dan Wing Udara 1, Danlanudal Tanjungpinang, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV, Ketua Korcab IV DJA I, Ny. Helena Indarto Budiarto, Wakil Ketua Korcab IV DJA I, Ny. Andi Rahmat, serta pengurus Korcab IV DJA I.

Sebelum memberikan keterangan persnya, Danlantamal IV ikuti kegiatan tersebut terpusat TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dan Yusuf Kala, Ketua PMI Pusat melalui Video Conference (vicon).

Dalantamal IV Tanjungpinang mengatakan, kegiatan hari ini adalah donor darah plasma konvalesen dan donor darah yang umum, donor plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat,” ujarnya.

“ Namun pelaksanaan donor plasma konvalesen untuk di Tanjungpinang tidak bisa dilaksanakan mengingat di PMI Kota Tanjungpinang tidak memiliki lima alat Apherisis yang digunakan untuk mengambil plasma darah konvalesen dari para penyintas Covid-19. Alat Apheresis tersebut berfungsi memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma konvalesen,” ungkapnya.

“Pelaksanaan donor tersebut serentak dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut diseluruh Indonesia, hal tersebut sesuai dengan instruksi langsung dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,” pungkas Danlantamal IV.  (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed