Kapolres Bersama FORKOPIMDA Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru

Simalungun, Sumut121 Dilihat

Simalungun, Sumatera Utara- Beritainvestigasi.com Sebagai persiapan menghadapi Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Simalungun mengadakan rapat koordinasi untuk menciptakan kondisi yang kondusif. Rapat ini digelar pada Kamis, 14 Desember 2023, bertempat di SD Negeri Plus Tiga Balata, dan dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., dalam siaran persnya menyampaikan, “Hari ini kami FORKOPIMDA Kabupaten Simalungun menggelar kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Operasi Lilin Toba 2023, Natal dan Tahun Baru dan daerah Wisata Kabupaten Simalungun, “ucap AKBP Ronald, Kamis(14/12/2023).

Lebih lanjut Kapolres Simalungun menyampaikan, “Diprediksi bahwa tahun ini jumlah pemudik akan meningkat, tentu persiapan yang matang kami juga sudah melakukan dengan baik, akan ada nanti 12(dua belas) pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu yang akan disebar diwilayah hukum kabupaten simalungun, dengan melibatkan kurang lebih 480(empat ratus delapan puluh) Personel Polri yang nanti ditambah lagi dari TNI, Pemerintah Kabupaten, Dinas Kesehatan, Sat Pol-PP, Pemadam, tentu sinergi kita ini akan menunjukan kita bersama-sama menyambut masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru yang akan berwisata termasuk yang akan melintas.

Tentu nanti ada hal-hal yang akan dilakukan rekayasa yang dapat menggangu para pemudik tetapi itu semata-mata untuk kepentingan kita bersama untuk kenyamanan dan keamanan kita semua, untuk itu kami harapkan nanti apabila ada rekayasa, pengaturan, penjagaan yang dilakukan oleh petugas tentu ini adalah bagian dari kenyamanan bagi semua, sehingga kami menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan rambu-rambu yang akan kita sampaikan kepada masyarakat, “ujar AKBP Ronald.

Kapolres Simalungun menyampaikan beberapa titik rawan yang akan dilakukan pengamanan, “Untuk titik rawan yang kami prediksi adalah Kota Wisata Parapat, termasuk Pintu TOL, karena akan dioprasionalkan dan akan difungsikan dan itu menjadi titik rawan.

Kemudian berkaitan dengan bencana, ada beberapa titik-titik tempat kita yang kita masukan dalam kategori rawan bencana, tentu sinergitas kita dengan Pemerintah Kabupaten, dengan semua pihak kita pastikan kita siap apabila ada hal-hal yang kontijensi yang perlu kita lakukan, “pungkas AKBP Ronald.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga. SH, MH., acara ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai, dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani, SH, MH., dan Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Ibu Erika Sari Emsah Ginting SH., MH. Selain itu, rapat diikuti oleh perwakilan dari Ding 0207/SMLNG, Kejaksaan Simalungun, Sekretariat Daerah Kabupaten, para Kapolsek, Danramil, Camat, Direktur RSUD, pemimpin perangkat daerah, BUMN, dan BUMD, serta tokoh masyarakat setempat.

Topik rapat mencakup koordinasi lintas sektor untuk menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Bupati Simalungun mengapresiasi kerjasama dan koordinasi yang telah terjalin antar instansi, seraya memberikan pesan agar semua pihak menjaga toleransi dan keharmonisan umat beragama di daerah tersebut.

Kapolres Simalungun menggarisbawahi pentingnya kesiapsiagaan personel dan sumber daya untuk mengantisipasi dan menanggapi segala potensi gangguan keamanan. Beliau juga menekankan keperluan langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang efektif, termasuk pengaturan lalu lintas dan pengamanan lokasi ibadah.

Rapat ini bertujuan untuk menambah sinergi antar instansi dan memastikan agar perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan damai dan sukacita. Para peserta rapat, yang meliputi kepala sekolah, pendidik, dan insan pers, juga diajak untuk turut serta menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang perlu diperhatikan selama liburan panjang ini.

Sebagai hasil dari rapat tersebut, akan dibentuk tim gabungan yang siap bertugas untuk memastikan terciptanya kondisi aman dan tertib. Dengan semangat kebersamaan, FORKOPIMDA Simalungun optimis bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh warga Simalungun dalam merayakan hari raya keagamaan dan pergantian tahun.(Gunawan, S/ Humas Polres Simalungun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *