oleh

Meriahkan HUT Kota Pontianak ke-250, POM Sukses Gelar Lomba Seni Budaya

Pontianak, Kalbar – Beritainvestigasi.com. Dalam rangka memeriahkan hari jadi kota Pontianak yang ke-250, Persatuan Orang Melayu (POM) Kalbar bersama DPD POM Kota Pontianak menggelar lomba senam Jepin di halaman tugu Khatulistiwa. Minggu (31/10/2021).

Sebanyak 22 tim dari berbagai kalangan umur dan perwakilan mengikuti lomba tersebut. Bahkan paling jauh ada tim dari Kabupaten Bengkayang juga ikut memeriahkan lomba senam Jepin kreasi ini.

Ketua panitia, Jamaluddin mengatakan bahwa peserta berasal dari beberapa daerah disekitar Kota Pontianak.

“Peserta ada yang berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Mempawah, mayoritas berasal dari Kota Pontianak. Peserta mulai dari kalangan pelajar dan mahasiswa hingga orang dewasa. Memang lebih didominasi kalangan emak-emak,” jelasnya.

Jamaludin menambahkan, adapun juara 1 diraih Tim Asix, Juara 2 KJR Fajar Khatulistiwa, Juara 3 The Squad FOKBI, Harapan 1 The Squad PGMI, Harapan 2 Sakura KKR, Harapan 3 Adhyaksa Dharma Kejaksaan Pontianak,” tambah Jamal.

Lebih lanjut dijelaskamnya, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Pontianak ke-250 ini yakni Lomba Masak Asam Pedas, Maulid Nabi dan Doa Bersama untuk Kota Pontianak, Karaoke Senandung Melayu, Lomba Senam Jepin Kreasi dan terakhir kegiatan vaksinasi.

“Adapun kegiatan penutupan akan kita laksanakan di Rumah Dinas Wali tanggal 8 November 2021 sekaligus pembagian hadiah dan piala,” lanjutnya.

Sementara itu, Hermanto, Kepala Departemen Seni Budaya POM mengapresiasi tingkat antusiasme masyarakat yang berpartisipasi mengikuti perlombaan ini padahal waktu pendaftaran mepet tidak sampai 2 minggu.

“Kegiatan ini sangat meriah sekali, dengan antusiasme peserta bahkan banyak masyarakat sekitar dan pengunjung yang juga ikut hadir menonton, tak mau ketinggalan untuk menyaksikan senam Jepin ini. Yang mana kita ketahui senam Jepin kreasi ini merupakan salah satu kreasi budaya yang harus kita lestarikan, bahkan ditingkat nasional sudah diperlombakan,”ujar Hermanto.

Hermanto menuturkan, nanti akan dibuat event ini yang lebih besar lagi, yang mana nantinya akan mengundang seluruh kabupaten/kota se Kalimantan Barat, dengan mengakomodir berbagai kelas kategori mulai dari usia, hingga kostum terindah dan yel-yel terbaik,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Persatuan Orang Melayu, Kusmayadi Tabrani, mengatakan bahwa pihaknya POM akan menggelar kegiatan akbar dalam rangka Milad POM ke-5 yang puncaknya jatuh pada tgl 27 Februari 2022. Akan tetapi rangkaian kegiatan peringatan milad POM ini nantinya akan mulai kita laksanakan mulai Desember.

“Ada berbagai kegiatan yang akan kita laksanakan mulai dari lomba-lomba hingga kegiatan sosial dan penghijauan,” kata Kusmayadi.

“Mengingat kegiatan ini merupakan event besar se-Kalimantan Barat maka Pihak kami membuka diri kepada instansi dan kalangan swasta yang ingin ikut berpartisipasi mensukseskan agenda Milad POM ke-5 nanti,” pungkasnya.   (Jon/Vr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed