oleh

Pemkab dan DPRD Rohul Alokasikan Rp.13 M Bantu Masyarakat Terdampak Kenaikan Harga BBM

-Riau, Rohul-869 Dilihat

Rokan Hulu (Rohul), Riau – Beritainvestigasi.com. Pasca kenaikan harga bahan bakar minyak subsidi yang diterapkan Pemerintah berdampak langsung terhadap dinamika Perekonomian Masyarakat Indonesia.

Pemerintah Daerah diharapkan mampu mengendalikan laju Inflasi di daerah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohul sepakat mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 13 Miliar untuk membantu masyarakat dalam bentuk bantuan perlindungan sosial bagi masyarakat yang terkena dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ya, kami (Pemkab dan DPRD) telah sepakati untuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 13 Miliar sampai Rp. 14 Miliar untuk membantu masyarakat yang terdampak dari kenaikan harga BBM,” kata Ketua DPRD Rohul, Novli Wanda Ade Putra, ST kepada Wartawan lintas media usai Paripurna Pengesahan P-APBD Rohul Tahun Anggaran (TA) 2022 di ruang kerjanya, Senin (26/09/2022).

Wanda menjelaskan bahwa, anggaran itu dialokasikan sekitar 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Hal itu dilakukan sebagai strategi Pemda Rohul mengendalikan dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM yang peruntukannya tidak hanya terbatas bagi subsidi sektor transportasi saja.

“Sumber dana dari DAU dan DBH, sasarannya tidak hanya sektor transportasi, juga sektor pelaku UMKM, Petani ,dan subsidi harga Sembako. Namun, penerima manfaat harus tepat sasaran. pemkab Rohul melalui Dinsos akan melakukan validasi data-data penerima manfaat Subsidi agar tidak tumpang tindih. Selanjutnya Pemkab Rohul berencana akan menggelar Pasar Murah, soal teknisnya nanti kita serahkan ke pihak Disperindag,” jelas Wanda.  (Hendron Sihombing).

Editor : Wesly (Asesor Sertifikasi Kompetensi Wartawan/SKW).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *