Pemko Kota Gunungsitoli, Laksanakan Peringatan Hari Kartini Ke-142

Gunungsitoli – Beritainvestigasi.com. Untuk mengenang jasa dan perjuangan Raden Ajeng Kartini bagi perempuan Indonesia, Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan Peringatan Hari Kartini ke – 142 tahun 2021 dengan tema Wariskan Emansipasi Wanita Bagi Wanita Indonesia bertempat di ruang rapat lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (08/06/2021).

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pelaksanaan peringatan Hari Kartini ke-142 Kota Gunungsitoli Tahun 2021, sebagai momentum perubahan dalam meningkatkan kreativitas kaum perempuan Indonesia pada umumnya dan kaum perempuan di Kota Gunungsitoli.

“Atas perjuangan R.A. Kartini, kini kita bisa melihat perempuan – perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai Ibu rumah tangga tapi berpartisipasi dan berkonstribusi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan–kegiatan pembangunan, sosial budaya, politik dan lainnya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Walikota mengajak Kartini – Kartini Kota Gunungsitoli, untuk menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini guna mewujudkan kesetaraan Gender di era modern, terutama pendidikan dan secara umum kesetaran gender di semua bidang dan berharap disetiap masa Wanita Indonesia atau wanita Kota Gunungsitoli  terus berjuang untuk mengharumkan nama Pemerintah Kota Gunungsitoli.

“Kartini mungkin sudah tidak ada, namun semangat juang tidak boleh padam, Habis Gelap Terbitlah Terang, maju terus para kartini dan kaum perempuan,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Tim Pengerak PKK, Ny. Tini Lakhomizaro Zebua saat menyampaikan sambutan, mengajak agar Peringatan Hari Kartini dijadikan motivasi dan pelita yang tak pernah padam dan selalu bersinar bagi seluruh kaum wanita dalam meningkatkan pendidikan, kecerdasan serta emansipasi di berbagai bidang dan menjalani hidup yang Produktif.

“Hari ini tentunya kita kembali kepada semangat kartini. Ini sangat luar biasa, tema yang diusung juga penuh dengan spirit, penuh dengan inspirasi, artinya ketika ada kemauan maka apapun situasi yang kita hadapi mari kita lakukan dengan berhikmat dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ny. Tini Lakhomizaro Zebua juga menghimbau untuk menjaga ekonomi keluarga akan kebutuhan bahan pangan keluarga tetap tercukupi, masyarakat  melalui gerakan PKK untuk selalu memanfaatkan halaman rumah dengan menanam tanaman dan berkreasi dalam keterampilan tangan melalui usaha kecil dibidang pembuatan makanan dan kerajinan tangan lainnya.

Ketua Panitia, Betty Novriani Waruwu,SKM saat membacakan laporan panitia menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mengenang dan meneruskan perjuangan Kartini `dan memperbaiki sumber daya perempuan dalam mengembangkan dan meningkatkan pendidikan, keterampilan untuk menentukan jati diri didalam membangun hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan piagam penghargaan Gender Champion kepada Manager PKPA Kacab Nias Chairidani Purnawati, SH, Ketua Yayasan Karya Faomasi Zoaya Gunungsitoli Sr. Klara Izanulo Duha, Kepala Departemen Diakonia BNKP Kota Gunungsitoli, Pdt. Miseria Daeli, S.Th.

Hadir pada acara tersebut, Kejari Gunungsitoli, Wakapolres Nias, Mewakili Dandim 0213/Nias, Asisten I dan  Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli.

(Tim/Red)

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

mulai berbenah tahun 2016 hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *