Rakernas V LP-KPK Dibuka Secara Resmi Oleh Gubernur Kalbar

Pontianak, Kalbar – Beritainvestigasi.com. Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan(LP- KPK ) adalah lembaga yang sangat diharapkan kehadirannya sebagai lembaga kontrol terhadap kinerja dan kebijakan yang dilakukan oleh aparatur Pemerintahan.

LP-KPK melaksanakan Rakernas ke-V yang dihadiri oleh seluruh pengurus mulai dari tingkat Pusat(Komnas), Provinsi (Komda) dan Kabupaten/Kota (Komcab) dari seluruh wilayah Nusantara, bertempat di Hotel Garuda Jl. Pahlawan Pontianak sejak 27-29 November 2022.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Umum LP-KPK  Amirul S Piola, S.H , Sekretaris Jenderal Alex Syamsir, Gubernur Kalimantan Barat diwakili Drs.Hermanus, M.Si Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Kapolda Kalbar diwakili Kompol. Engkus, Pangdam XII Tanjung Pura diwakili Kolonel Infantri Abdul Hamid, Kesbangpol Provinsi Kalbar diwakili Erwin Sitorus, Walikota Pontianak diwakili Inspektorat Kota Pontianak Yaya Maulidia, serta Kapolres Kubu Raya diwakili Aipda Putu Gagah.

Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Hermanus, memberikan Apresiasi atas  penyelengaraan Rakernas V yang di laksanakan LP-KPK dimana Kalbar sebagai tuan rumah.

Menurutnya, ini merupakan hal yang baik yang diharapkan dapat mewujudkan sebuah tatanan pengelolaan negara yang baik, sehinga peran sebuah Organisasi Kemasyarakatan dapat memberikan kontribusi dalam mengawal berbagai kebijakan- kebijakan pemerintah.

“LP- KPK dapat bersinergi dengan Pemerintah berkolaborasi dalam upaya melaksanakan program kerja dan mematuhi perundang-undangan yang ada. Terutama dengan organisasi kemasyarakatan yang dimana kewajiban-kewajiban mereka baik di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, agar tiap lembaga berkoordinasi dan melaporkan keberadaan nya di daerah setempat sehingga keberadaan nya bisa di kenal,”ujar Hermanus.

Dikatakan Hermanus, Pemprov kalbar berharap juga LP- KPK bisa berkoordinasi bekerja sama dengan Aparat penegak Hukum, sehingga penegakan hukum bisa berjalan efektif, di butuhkan peran serta dari elemen bangsa termasuk Organisasi kemasyarakatan mengajak bagaimana Organisasi kemasyarakatan bersama-sama membangun bangsa dan negara yang semangkin baik menuju kesejahteraan.

“Mudah-mudahan LP- KPK bisa melakukan itu dan menjadi contoh tidak hanya sebatas retorika saja, tapi betul-betul berbuat aksi nyata dapat di rasakan masyarakat demi kemajuan Bangsa dan Negara,” harapnya.

Di tempat yang sama,Dr. Sukahar,S.H., M.H Ketua Komda LP- KPK Provinsi Kalimantan Barat mengatakan, hadirnya LP-KPK adalah untuk membantu pemerintah dalam pengawasan agar dapat meminimalisir perbuatan melawan hukum

”Dengan penyelengaraan Rakernas V LP- KPK bermaksud dapat menekan tindak pidana Korupsi dari desa sampai ke pusat jangan sampai terjadi melakukan perihal tindak pidana korupsi. Hukum harus ditegakkan, law Enforcement,”ucap Sukahar.

Sukahar menjelaskan, bahwa di Komda Kalbar telah terentuk 9 Komcab, dan pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk diselruh Kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

“Yang belum itu di kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sekadau, Kota Pontianak dan Kota singkawang,”jelas Sukahar.

Sementara itu, Ketua Umum LP – KPK. Amirul S Piola, S.H., menuturkan, berdiri nya LP – KPK pada tahun 2013 di Kota Bekasi.

“Sekarang sudah 10 tahun, hari ini kita laksanakan Rakernas V di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, untuk tempat dilakukan bergilir di provinsi yang berbeda  setiap tahunnya, untuk Rakernas VI tahun depan 2023 di Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan,” tutur Amirul.

“Selain Rakernas, hari ini juga kita adakan pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus supaya bekerja dengan baik, dan siangnya Pelatihan tingkat dasar ( Peltidas).

Adapun untuk Peltidas terdiri dari 4 sesi:

1. Mengenal Organisasi LP-KPK. 2,.Materi dari Polda Kalbar 3. Sistem Organisasi 4. Leadership atau Sikap.

“Harapanya dengan setelah acara ini besok – besok seluruh pengurus dapat bekerja sesuai dengan TUPOKSI, SOP, Kode Etik dan.AD./ART LP- KPK mereka paham dalam bekerja setelah pelatihan,”kata Amirul lagi.

“Dengan adanya pelatihan setiap pengurus LP-KPK punya modal utama untuk: 1.Mengawal, Mendampingi seluruh Kebijakan Pejabat untuk kepentingan Rakyat supaya tepat sasaran.

2 Mengangkat Aspirasi Rakyat,

3. Proaktif dalam penegakkan supermasi hukum, khususnya di bidang tipikor,” tutup nya.

Penulis: Vr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *