oleh

Wabup Buka Rangkaian HKN ke-58 Tingkat Kabupaten Way Kanan

Way Kanan, Lampung – Beritainvestigasi.com. Wakil Bupati Way Kanan, Hi Ali Rahman M.T membuka rangkaian peringatan HKN ke-58 tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2022.

Kegiatan HKN dipimpin Langsung Wakil Bupati, Drs. Hi. Ali Rahman, M.T bersama Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul menghadiri acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Lapangan Kampung Serupa Indah, Kecamatan Pakuan Ratu, Pada Rabu (23/11/2022)

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan bahwa, telah banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih selama lima puluh delapan tahun, namun saat ini dan kedepannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu dihadapi bersama, sehingga dibutuhkan kolaborasi secara professional yang dilandasi moral dan harus dikedepankan.

HKN tahun ini mengusung tema “Bangkit IndonesiaKu Sehat NegeriKu”, yang mengungkapkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat terlepas dari pandemi

“Pelaksanaan Peringatan HKN ke-58 merupakan momen untuk kita bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu Negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19 yang disebabkan adanya mutasi virus. Dan belajar dari sejarah pandemi yang terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap,” ujar Wabup.

Lanjutnya, bahwa dengan mengangkat tema tersebut, membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi, yang merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi Covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang tentunya dibutuhkan pelayanan Kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Disampaikan pula pada kesempatan tersebut bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan mendapatkan bantuan 2 Unit Mobil Ambulan yang akan diserahkan kepada UPT Puskesmas Baradatu dan UPT Puskesmas Way Tuba. Wabup juga menyampaikan bahwa bantuan mobil ambulan akan terus diupayakan sehingga seluruh UPT Puskesmas di Kabupaten Way Kanan memilikinya sebagai sarana prasarana penunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Diketahui, pada acara tersebut juga diserahkan berbagai bantuan untuk tenaga kesehatan teladan kategori Dokter Umum, Bidan, Perawat dan Tenaga Kefarmasian. Bantuan untuk PIS-PK Terbaik, SPM terbaik, capaian EPPGBM dengan stunting terendah, hibah mobil ambulan, hibah alat kesehatan untuk UPT Puskesmas Blambangan Umpu dan UPT Puskesmas Serupa Indah serta penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara Simbolis

Hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, S.Sos, M.M, Kepala/Unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perkim, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Narkotika Nasional Kabupaten, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Pimpinan Kecamatan Pakuan Ratu, Forkopimcam, Kepala UPT Puskesmas dan IBI se-Kabupaten Way Kanan.

Wabup berharap, rangkaian kegiatan ini dapat kembali menguatkan semangat kita untuk tetap melayani masyarakat dengan baik.

Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional.(HKN) ke-58 ini bisa menjadi awal pulihnya berbagai lapisan masyarakat, sehingga Indonesia khususnya Kabupaten Way Kanan bisa kembali sehat dan tumbuh kembali.

Wabup juga menginginkan agar seluruh tenaga kesehatan untuk terus belajar meningkatkan kapasitas serta kemampuan dalam melayani pasien atau masyarakat sehingga pelayanan yang optimal bisa dirasakan oleh masyarakat bumi ramik ragom.  (Feri).

Editor : Wesly (Asesor Sertifikasi Kompetensi Wartawan/SKW).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *