oleh

Desa Puji Rahayu Buka Badan Jalan Akses Produksi Pertanian Masyarakat

Lampung Selatan, Beritainvestigasi.com. Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) adalah salah satu program prioritas Dana Desa di Tahun 2021.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, salah satu poin utamanya adalah mengatur prioritas penggunaan dana desa secara swakelola dengan skema program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

PKTD adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Mengacu hal tersebut, Desa Puji Rahayu, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, melakukan pekerjaan pembukaan badan jalan sebagai jalan penghubung dengan tujuan masyarakat dapat lebih mudah membawa hasil pertaniannya sehingga memperlancar penghasilan dari produksi pertanian tersebut.

” Kita buka badan jalan penghubung agar akses masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya lebih lancar,” tutur Kades Puji Rahayu, Sugiarto, saat ditemui awak media ini di lokasi pembukaan badan jalan, Sabtu (06/11/2021).

Dijelaskan Sugiarto, pekerjaan pembukaan badan jalan ini melibatkan masyarakat, bukan gotong royong, akan tetapi program PKTD, yang mana pekerja semua dibayar.

” ini kita gunakan program PKTD. Seberat apapun pekerjaan itu harus dikerjakan warga setempat, tidak boleh menggunakan alat berat,” ujar Sugiarto.

Pembukaan badan jalan yang menghabiskan anggaran sekira Rp. 40.200.000 ini, diharapkan Sugiarto dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya Dusun Puji Rahayu dalam mengeluarkan hasil tani, juga untuk mempersingkat perjalanan antara jalan yang satu dengan jalan yang lainnya.

” Kurang lebih 500 meter yang dibuka hari ini, karena kita melihat anggaran yang ada. Semoga jalan yang kita buka ini dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya Dusun Puji Rahayu,” ucapnya.

Ditempat yang sama, hal senada disampaikan Kepala Dusun Puji Rahayu (Dusun I), Mardi, pembukaan badan jalan ini sangat bermanfaat bagi warganya untuk akses membawa hasil pertaniannya.

” Sangat bermanfaat. Hasil panen dari warga tadinya susah akses jalannya, sekarang mudah-mudahan akan lancar membawa hasil panen mereka,” kata pria yang menaungi 4 RT ini.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Merbau Mataram, Bhabinkamtibmas, Pendamping, Kades Puji Rahayu, dan jajaran.  (Wesly).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed