Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) IKIP PGRI Pontianak: Mengabdi di Kayong Utara

Kayong Utara325 Dilihat

Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak                      melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa            (KKM) di Desa Sejahtera, foto: (Fitria Awani) 

Kayong Utara, Kalbar – Beritainvestigasi.com Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Rabu(13/12/2023).

Pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu perwujudan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, sekaligus merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa untuk jenjang S1 (strata 1).

Sebanyak 16 Mahasiswa dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sejahtera, kelompok 37 Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat dan dimonitor oleh 2 dosen yaitu Dr. Dwi Hartanto M, Pd dan Dr. Netty Yuniarti M. Pd.

Kegiatan KKM tersebut telah dimulai sejak tanggal 13 November 2023 – 3 Desember 2023, setelah para mahasiswa melaksanakan program PLP-II (Pengenalan Lapangan Persekolahan II) di sekolah mereka masing-masing yang telah di tempatkan sebagai bentuk kegiatan magang.

“Tahun ini, Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak mengirimkan 16 mahasiswa untuk mengikuti KKM di Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari berbagai program studi, yaitu Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Bimbingan dan Konseling, Pancasila dan Kewarganegaraan, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika, “ujar Ketua KKM IKIP PGRI Pontianak, Zulkarnaen Gunawan, saat menyampaikan sosialisasi Senin (13/11/2023) lalu.

Adapun posko dimana mahasiswa ditempatkan adalah kediaman rumah Ibu Lili Amalia.

“Kegiatan yang telah kami laksanakan di lokasi KKM yakni kunjungan ke rumah warga, senam bersama di sekolah, senam bersama di posko, taman pendidikan al-qur’an (TPA) KKM, bimbel bahasa inggris dasar, sosialisasi phbs dan bakti sosial fasilitas umum, sosialisasi pengenalan kampus, pembuatan plang batas dusun, kebersihan dan lingkungan (bersih-bersih tempat ibadah (masjid), bersih-bersih lapangan bola, bersih- bersih voli), khotbah jum’at dan imam jum’at, dan lomba memperingati hari besar islam (keagamaan), ” terang  Zulkarnaen Gunawan saat diwawancarai Rabu(13/12/2023).

“Berikut deskripsi singkat dari program kerja kami Kunjungan ke rumah warga. Kegiatan ini bertujuan menyapa dan memperkenalkan diri, selain itu untuk memberikan informasi kepada warga terkait kegiatan kami di Desa Sejahtera, ” tambahnya.

Lebih rinci dikatakannya bahwa  ada kegiatan senam bersama di posko, kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh mahasiswa dan anak-anak, yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan, serta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) KKM. Setiap hari Senin dan Kamis pada sore hari selama 3 minggu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman Al-Qur’an bagi anak-anak di Desa Sejahtera.

Bimbel bahasa inggris dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris untuk anak SDN 05 Sukamaju, SDN 17 Melinsum dan SDN 06 Tanjung Gunung. Untuk bimbel bahasa inggris dasar di adaakan setiap hari senin dan rabu selama KKM berlangsung.

Sosialisasi phbs dan bakti sosial fasilitas umum kepada siswa SDN 06 tanjung Gunung dan orang tua murid. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebersihan fasilitas umum di desa.

Sosialisasi pengenalan kampus. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus kepada masyarakat desa. Mahasiswa KKM memberikan informasi tentang program studi, fasilitas, dan kegiatan yang ada di kampus.

Pembuatan plag batas dusun. Kegiatan ini bertujuan untuk memperjelas batas wilayah antar dusun. Plag batas dusun dibuat dari kayu dan diberi tulisan nama dusun.

Kebersihan dan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan desa. Mahasiswa KKM membersihkan tempat ibadah, lapangan bola, dan lapangan voli.

Khotbah jum’at dan imam jum’at. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada umat muslim di desa. Mahasiswa KKM menjadi khotib dan imam jum’at di masjid desa.

Lomba memperingati hari besar islam (keagamaan)
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat beragama dan rasa kebersamaan masyarakat. Lomba diadakan untuk memperingati hari besar islam.

Serta Mahasiswa KKM turut andil dalam pembagian sembako beras oleh desa. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, di mana mahasiswa membantu warga setempat untuk menerima bantuan tersebut.

“Kegiatan-kegiatan tersebut yang kami laksanakan menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari pendidikan, keagamaan, hingga lingkungan.
KKM ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Secara akademik, KKM dapat membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Sedangkan secara non-akademik, KKM dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan soft skills, seperti kepemimpinan, kemandirian, dan kepekaan sosial, ” jelas Zulkarnaen.

Tak lupa Ketua KKM Zulkarnaen Gunawan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Desa Sejahtera yang telah mendukung dan menerima para Mahasiswa.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Sejahtera yang telah mendukung dan menerima dengan baik berbagai kegiatan yang kami laksanakan dalam program KKM IKIP PRGI Pontianak, ” ucapnya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Sejahtera Muhammad Haris Zona mengatakan kalau kegiatan KKM sangat positif dan penuh manfaat.

“Kegiatan KKM yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kepala Desa Sejahtera, Muhammad Haris zona.

 (Fitria Awani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *