PLTD Sukaharja Dilahap Jago Merah, Manajer PLN Ketapang Minta Maaf

Ketapang1074 Dilihat

Situasi kebakaran di ruang mesin PLTD Sukaharja Ketapang

Ketapang, Kalbar – Berita investigasi.com. Sontak menjadi viral di media sosial terjadi kebakaran ruang mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang berlokasi di Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Senin (27/11/2023) malam.

Akibat kejadian tersebut sebagian besar wilayah di Kabupaten Ketapang menjadi gelap gulita, karena terputusnya aliran listrik.

Satu diantara warga di sekitar PLTD Sukaharja, Weli (30) menuturkan kalau kepulan asap tebal mulai terlihat pada salah satu bangunan di PLTD Sukaharja sekitar pukul 19.15 Wib.

” Saat itu sedang terjadi hujan deras, kaget juga tiba-tiba listrik mati. Saat keluar rumah ternyata ada kumpulan asap kebakaran di bangunan yang ada mesin di PLTD,” tuturnya kepada wartawan, Senin (27/11/2023) malam.

Weli menyebut, tak berselang lama kemudian mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kawasan PLTD Sukaharja untuk memadamkan kobaran api.

” Setelah beberapa mobil pemadam kebakaran tiba, tak berapa lama api dapat dipadamkan,” ungkapnya.

Sementara itu, PT PLN UP3 Ketapang memohon maaf atas kejadian yang disebut pihaknya sebagai gangguan teknis pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sukaharja yang mengakibatkan terhentinya saluran listrik di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara beberapa jam.

” Atas nama manajemen PLN UP3 Ketapang, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan layanan yang telah kami berikan, kejadian ini semua diluar prediksi kami. Mohon doa dan dukungan masyarakat agar upaya pemulihan pasokan listrik dapat segera kami selesaikan dengan baik, dan masyarakat dapat segera menikmati listrik kembali,” ucap Manager PLN UP3 Ketapang, Blasius Gani melalui rilis yang diterima Wartawan, Senin (27/11/2023) malam.

Pihaknya akan melakukan gerak cepat untuk pemulihan pasokan listrik pada sistem kelistrikan Ketapang, Kayong Utara dan sekitarnya paska terjadinya gangguan teknis di PLTD Sukaharja, pada pukul 19.13 WIB.

” Upaya penormalan kami lakukan secara bertahap agar masyarakat dapat segera menikmati listrik,” ungkap Blasius Gani.

Ia juga menjelaskan, petugas segera memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan melakukan penggantian panel listrik yang rusak. Sementara untuk menormalkan pasokan listrik ke arah Sukadana dilakukan melalui PLTD Melano.

Pihaknya juga melakukan berbagai upaya manuver pasokan listrik untuk memperpendek durasi dan memperkecil cakupan daerah yang terdampak padam.

Sistem kelistrikan di Kota ketapang dan sekitarnya mulai berangsur normal pada pukul 22.30 Wib. Hingga berita ini diterbitkan masih belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran di PLTD Sukaharja. Kami masih berupaya menghubungi pihak terkait untuk mengkonfirmasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *