Presiden Jokowi dan Bupati Rohul Hadiri Rakornas Pujakesuma di Jakarta

Jakarta, Nasional199 Dilihat

Jakarta – Beritainvestigasi.com. DPP Paguyuban Pujakesuma menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Bertempat di Beach City Internasional Stadium Ancol Jakarta Utara se -Indonesia, Sabtu (20/01/2024) lalu.

Ketua IKJR, H. Sukiman beserta rombongan DPP Paguyuban Pujakesuma Riau turut serta hadir dan meramaikan acara Rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Turut hadir Ketua DPP Paguyuban Pujakesuma, Eko Sopianto, S.E beserta ribuan peserta Rakornas dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutan pembukanya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pada tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum, baik pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif di bulan Februari 2024 ataupun pemilihan Kepala Daerah pada November 2024 mendatang. Pemilu merupakan sebuah pekerjaan sangat besar bagi sebuah negara untuk terus menjaga keberlanjutan pembangunan.

”Saya mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk bersama – sama menjaga kerukunan, menjaga persatuan kita, menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa. Jangan sampai karena perbedaan pilihan, tidak saling menyapa antar tetangga, tidak saling menyapa antar kawan yang biasanya ngomong-ngomong menjadi enggak mau ngomong. Saya kira, ini harus kita hindarkan,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, karena setiap 5 (lima) tahun sekali akan ada Pemilu. ”Jadi, demokrasi itu biasa. Jangan sampai yang di atas sudah makan – makan, sudah ngopi-ngopi, sudah ngeteh bareng, yang di bawah masih usreg (bahasa Jawa: berisik, ribut), masih tidak saling bertegur sapa antar tetangga. Itu tidak boleh,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara pun mengajak merayakan pesta demokrasi dengan penuh rasa tanggung jawab. ”Hal ini agar berlangsung damai, sukses dan lancar. Baik itu Pilpres, Pileg, maupun Pilkada mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui seusai acara pembukaan, Ketua Umum DPP Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma, Eko Sopianto, menuturkan, inti kegiatan Rakornas Pujakesuma 2024 adalah konsolidasi internal Pujakesuma mulai Aceh sampai Maluku. Pujakesuma yang berdiri sejak 10 Juli 1980 tersebut saat ini sudah ada di 21 provinsi.

”Dan, pada hari ini Kita kumpulkan bersama-sama karena sudah lama Pujakesuma tidak dapat berkoordinasi. Oleh sebab itu, kita undang seluruh DPW Pujakesuma yang ada, mulai Aceh sampai Maluku,” kata Eko.

Eko Sopianto mengatakan, bahwa pada Rakornas kali ini, Bapak Presiden tidak mengarahkan atau mengintervensi sikap politik Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) dalam kontestasi Pilpres 2024, meskipun pada kesempatan Rakornas yang lalu Paguyuban Pujakesuma mendukung Presiden Jokowi dalam kontestasi Pilpres sebelumnya. Dan pada Rakornas kali ini Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera Pujakesuma akan menentukan sikap politik berkaitan dengan kontestasi Pilpres 2024.

Sementara itu, senada dengan pesan Presiden Jokowi, H. Sukiman ketika ditemui disela-sela acara menyampaikan agar seluruh masyarakat Rokan Hulu pada khususnya dan Masyarakat Riau pada umumnya agar senatiasa guyub dan rukun, terutama keluarga Paguyuban Pujakesuma Riau agar dapat menjadi inspirator dan penggerak dalam menjaga suasana yang damai, nyaman dan aman selama pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung baik itu Pileg, Pilpres dan Pilkada di sepanjang 2024 ini.

“Mestinya Kita harus dapat selalu menjaga suasana yg damai, aman dan nyaman. Kita tingkatkan semangat toleransi dan saling menghargai perbedaan pendapat dalam menentukan sikap untuk memilih Pemimpin dan Wakil Rakyat, kaena itu adalah hak setiap warga negara. Dan, tentunya Saya mengharapkan pesta demokrasi di Riau terutama di Rokan Hulu dapat berlangsung damai dan aman dengan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia,” tutup H. Sukiman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *