Revolusi Pemasyarakatan, Div PAS Kanwil Kumham Sumut Terinspirasi dari Konsep Smart Prison Super Maximum Security

Sumut409 Dilihat

Sumatera Utara– Beritainvestigasi.com  Lembaga Pemasyarakatan super maximum security adalah satu bentuk dari penataan kembali manajemen pemasyarakatan guna mengoptimalkan penyelenggaraan pemasyarakatan dalam tujuannya untuk membina narapidana agar tidak mengulangi tindak pidananya dan dapat berkontribusi dalam pembangunan Negara Republik Indonesia.

Sadar akan hal itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Mhd. Jahari Sitepu di dampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy F. Sianturi beserta perwakilan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan rombongan melakukan lanjutan lawatan hari kedua di UPT Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar dengan kategori super maximum security pada Rabu, 06 Desember 2023. Hadirnya rombongan Pemasyarakatan Kanwil Kumham Sumut langsung disambut oleh Hisam Wibowo selaku Kepala Lapas.

Dalam studi tiru tersebut Hisam menyampaikan bahwa seluruh Lapas yang ada di Kawasan Nusakambangan sudah dilengkapi teknologi tinggi, namun hal itu tidak dapat berjalan 100% tanpa adanya team work yang solid dan integritas yang tinggi dalam bekerja. Kalapas itu pun tidak segan – segan dalam menjatuhkan hukuman disiplin bagi pegawai yang mencoreng kedisiplinan dalam bekerja.

Lawatan kali ini mengupas tuntas hal smart prison, konsep ini menggabungkan Sistem Database Pemasyarakatan dengan teknologi smart CCTV sehingga dapat meningkatkan objektifitas penilaian pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan sekaligus meningkatkan keamanan pada Lapas/Rutan. Konsep yang berbeda ini tentu menambah pengalaman dan pembelajaran yang baru sehingga antusiasme dan semangat romobongan dalam hal bertukar informasi dan pengetahuan dunia pemasyarakatan semakin menarik.

“Tentunya dengan studi tiru ini membuka cakrawala kita dalam menerapkan sitem pemasyarakatan yang lebih baik lagi dengan tetap mengimplementasikan tiga kunci dan back to basic untuk mencapai pemasyarakatan yang semakin maju dan PASTI”,kata salah seorang Kakanwil Unit Wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham Yasonna Laoly dalam wawancara sederhana oleh Tim Humas Kanwil Sumut. Kegiatan dilanjutkan dengan wisata sejarah di sekitar Kawasan Nusakambangan dimana sejarah pembangunan Lembaga Pemasyarakatan bermula.(Kanwil Kumham Sumut/ Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *