oleh

Aneka Ragam Spritualitas Dalam Posko XIX KKN Kebangsaan

Jambi – Beritainvestigasi.com. Peserta Mahasiswa KKN Kebangsaan di Jambi tahun 2021 ini, tepatnya yang berada di Desa Majelis Hidayah terdapat posko XIX, yang mana pesertanya berasal dari berbagai Universitas di Indonesia, dan beragam Agama di dalam satu Posko.

KKN Kebangsaan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013. Ketika itu, Penyelenggara kegiatan dari Universitas Hasannudin yang dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng, dengan menghadirkan 140 Mahasiswa dari 35 Universitas yang ada di Indonesia.

Dalam pelaksanaan tahun 2021 ini, kegiatan serupa diselenggarakan oleh Universitas Jambi, dengan  menghadirkan 309 Mahasiswa se- Indonesia. Terdiri, 203 orang peserta KKN Kebangsaan dan 81 orang KKN Bersama PTN Barat dari 46 Universitas Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Tentunya, dari banyak mahasiswa yang hadir tersebut, tidak luput adanya perbedaan spritualisme antara satu sama lain antar peserta mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama yang ada di Jambi saat ini

Di dalam Posko XIX KKN Kebangsaan, perbedaan agama itu tidak menjadi masalah dalam melaksanakan pengabdian di Desa Majelis Hidayah, baik itu selama berdiskusi, saling bertukar pikiran dan pendapat untuk menyatukan tujuan dalam KKN Kebangsaan ini.

Ragam agama yang terdapat di dalam posko XIX ini, yaitu, agama Islam, Hindu, dan juga Kristen. Perbedaan agama bukan menjadi alasan untuk saling tidak menghormati antar umat ber agama/ untuk berteman, berkawan dan bersaudara.

Peran penting dalam KKN Kebangsaan ini ialah, mempersatukan Tunas-tunas bangsa dari berbagai pelosok negeri. Dan, inilah juga merupakan alasan mengapa berbeda agama tidak menjadi masalah di dalam posko XIX KKN kebangsaan di Desa Majelis Hidayah.

Karena, KKN Kebangsaan juga berarti Kebhinekaan Tunggal Ika, yang artinya “berbeda – beda tetatpi tetap satu”. Walaupun berbeda Universitas, berbeda agama, tetapi kita tetap satu yaitu dalam wadah KKN Kebangsaan ini.  (Wes/Red).

Sumber : Korisnur Cahyono, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
(Peserta Posko XIX KKN Kebangsaan).        17 Agustus 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed