oleh

H. Sukiryanto Bertekad Majukan Olah Raga di Kalbar

H. Sukiryanto,Anggota DPD RI Perwakilan Kalbar

Pontianak, Kalbar – Beritainvestigasi.com. Dunia olahraga, bukanlah hal yang asing bagi kita, namun hal ini kadang sering terlupakan.

Beranjak dari itu, H. Sukiryanto yang saat ini duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah(DPD) dari Provinsi Kalimantan Barat, bertekad untuk memajukan dunia olahraga di Kalbar.

H Sukiryanto yang berada di Jakarta saat di wawancarai melalui sambungan WhatsApp menuturkan, rasa keprihatinannya terhadap dunia olahraga di Kalbar Khususnya di cabang Tinju.

” Saya merasa prihatin dengan keadaan dunia olahraga kita di Kalbar ini, khususnya di cabang Tinju, seperti di Kubu Raya, sarana prasana untuk latihan saja terbatas, dan ini perlu perhatian dan pemikiran kita bersama bagaimana mengembangkan dan memajukannya,” tutur Sukiryanto Sabtu pagi  27/08/2021.

H. Sukir berpendapat, bahwa di Kalbar merupakan gudang petintu yang sangat sayang jika tidak digali potensi yang ada.

” Kalbar merupakan penghasil tinju Nasional bahkan Internasional, makanya Pemerintah Daerah harus mendukung tetutama sarana dan prasarana latihannya agar tidak menyusut,” katanya.

Saat ditanya kesiapannya bila dimintai sebagai pembina, H. Sukir dengan semangat menyatakan dirinya siap.

” Demi untuk kemajuan Tinju di Kalbar saya siap, karena hal itu adalah salah satu potensi unggulan kita di Kalbar dalam bidang olahraga. Jika ini bisa di kelola dengan baik saya yakin dunia tinju kita akan jauh lebih maju,” lanjutnya.

Ia menyebutkan bahwa Kalbar cukup dikenal dunia dengan tinjunya.

” Kita harus berbangga, dengan tinju kita cukup dikenal dunia, dengan adanya juara-juara tinju kita seperti Daud Yordan, saya yakin masih banyak Daud- daud lain yang jika dibina akan beunculan,” papar Sukir.

Karena itu, Ketua IKBM Kalbar yang juga Ketua Perkumpulan Merah Putih Kalabr itu, mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bahu membahu untuk memajukan Kalimantan Barat bukan hanya di bidang olahraga, namun dari segala sektor yang berpotensi di Kalbar.

Damianus Yordan, Mantan Petinju Profesional/ Pelatih Tinju Kayong Utara

” Mari kita sama-sama bahu membahu, dengan kita bekerja sama, Insya Allah tidak mustahil Kalimantan Barat akan menjadi daerah yang lebih maju dan masyarakatnya bisa mencapai kemakmuran,” pungkasnya.

Di lain pihak, Damianus Yordan, Pelatih tinju menyambut baik atas kesiapan Sukiryanto sebagai salah satu pembina tinju di Kalbar.

 

” Selaku insan tinju yang hingga saat ini masih setia dan bangga menekuni olahraga tinju,tentu saya sangat berbahagia jika ada orang-orang yang dengan kerendahan hati mau berkorban untuk membantu meningkatkan prestasi anak daerah khususnya Cabang tinju Kalbar, yang sudah beberapa dekade ini mampu menjadi yang terbaik di Indonesia bahkan Dunia.

Saat ini, untuk tinju Kalbar masih mengandalkan Kayong Utara, untuk mengangkat olahraga tinju di Indonesia melalui Yordan bersaudara, Daud dan Damianus Yordan, yang saat ini sedang menyiapkan regenerasi baru melalui Leonardo, Julio, dan Frasiskus Yordan.

Generasi baru masih dibina dalam keluarga, dan masih banyak lagi Atlet Kayong Utara di luar Fam Yordan yang berbakat dan siap diorbitkan, untuk skop Kalbar sendiri tentu tidak bisa hanya bertumpu pada Kayong Utara yang memang mulai dari warganya, pemerintahannya, sampai promotor Internasionalnya putra Kayong di tangan Raja Sapta Octohari.

” Untuk itu, saya sebagai senior dari mereka dalam membina tinju, berkeinginan ada regenerasi dan penyebaran kekuatan tinju di Kalbar kedepan, salah satunya di Kubu Raya, banyak sekali potensi anak anak Kubu Raya yang dilatih oleh pelatih senior bapak Sugianto dan saudara Rido Kurniansyah di sasana yang sederhana. Dan saya berharap ada orang yang peduli untuk membina tinju di Kubu Raya,” ujar Damianus.

Damianus mengatakan, dari penantian panjang ini,sekarang terdengar kabar bahawa seorang tokoh masyarakat yang memiliki perhatian untuk membangun olahraga di Kubu Raya.

Beliau adalah bapak H  Sukiryanto, saya berharap ini bisa benar benar terwujud, saya yakin beliau pasti bisa membangun olahraga secara umum di Kubu Raya, dan khususnya tinju juga bisa menjadi perhatian beliau,” cetus Damianus.

Sementara itu, Daud Yordan Petinju kebanggan Kalbar, yang menyabet Gelar Juara Dunia di Kelas WBO mengapresiasi tekad dan kesiapan Sukiryanto untuk memajukan olahraga dikalbar.

” Sangat kita apresiasi, atas apa yang menjadi tekad beliau, karena ini merupakan harapan kita bersama ada orang yang berjiwa olahraga, yang siap mencurahkan perhatiannya,” Kata Daud.  (JN/Vr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed