Kompensasi Warga Terkena Lintasan Survei Seismik 3D, Pertamina Hulu Rokan Bayar Melalui PT. Elnusa

Riau, Rohil280 Dilihat

Rohil, Riau – Beritainvestigasi.com. PT. Elnusa Tbk melakukan pembayaran kompensasi kegiatan dari Survei Seismik 3D Balam Sout Heast untuk Desa Bangko Jaya pada Kamis (09/05/2024) yang bertempat di halaman Kantor Pospol KM.8 Desa Bangko Permata.

Sekitar ± 2.500 warga enerima kompensasi hadir di Desa Bangko Jaya yang lahannya dilintasi kegiatan survei Seismik.

Hadir saat acara berlangsung, Camat Bangko Pusako, Drs. Adnan, M.M, Kapolsek Bangko Pusako, Iptu Awi Ruben, S.H, Bhabinkamtibmas, Danramil Bangko Pusako, Kapten (Arh) Iswandi Babinsa, Penghulu Desa Bangko Jaya, Suhardi, A.Mk, Kapospol KM.8, Bripka Deni Nainggolan serta Reza Fathoni selaku Humas PT. ElnusaTbk.

Penghulu Desa Bangko Jaya, Suhardi, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan Survei Seismik 3D Balam South East yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk di Kecamatan Bangko Pusako, adalah program Pemerintah Pusat melalui PT. Pertamina Hulu Rokan yang merupakan Proyek Vital Nasional. Untuk itu kita wajib mendukungnya.

Suhardi berharap, dalam pembayaran kompensasi ini, apabila ada warga yang merasa kurang puas di lapangan, segera berkoordinasi dengan Petugas yang mendata dan Panitia Desa.

Sementara itu, Camat Bangko Pusako, Drs. Adnan, M.M dalam arahannya menyampaikan, kompensasi pelaksanaan Survei Seismik 3D Balam SE, bersifat sesaat dan bukan berkelanjutan. Bagi Bapak/Ibu yang mendapatkan kompensasi ini jangan berkecil hati karena hanya sekali ini. Oleh sebab itu, mohon untuk dipahami dan dimengerti.

“Agar apa yang menjadi proyek vital nasional ini dapat kita dukung dan terlaksana dengan baik. Sehingga mendapatkan hasil yang positif untuk masyarakat banyak,” ucap Camat.

Kemudian, Humas PT. Elnusa Tbk, Reza Fathoni dalam penjelasannya menyampaikan, bahwa ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Bangko Pusako yang dilintasi oleh kegiatan Survey Seismik 3D Balam SE, diantaranya adalah Bangko Jaya, Bangko Permata, Bangko Pusaka, Bangko Bakti dan Pematang Ibul.

“Pembayaran kompensasi ini akan dilakukan terus secara bertahap, hingga seluruhnya dapat direalisasikan guna memenuhi tanggung jawab mengikuti aturan yang berlaku,” jelas Reza.

Lanjutnya, perlu agar diketahui, bahwa apa yang mereka berikan sebagai kompensasi ini, sesuai dengan data yang ada di lapangan. Adapun permasalahan lain yang timbul akibat dari pekerjaan Survey Seismic, menjadi tanggung jawab PT Elnusa Tbk dan akan diselesaikan hingga tuntas.

Di lokasi Acara, Warga Dusun Wonosari, Desa Bangko Jaya, Juliani, saat diminta tanggapannya mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik pembayaran kompensasi dari PHR yang dilakukan oleh PT. Elnusa Tbk ini. Hal ini diberikan atas kegiatan proyek Survei Seismik 3D Balam SE yang telah berlangsung.

Ia juga berharap, apa yang menjadi dampak akibat proyek ini kiranya segera ditindak lanjuti, agar warga bisa merasa nyaman dan tak ada yang merasa dirugikan akibat kegiatan ini.

Sementara itu di tempat terpisah, Raditya Sais Putra, selaku Pengawas Lapangan Departemen Eksplorasi PHR untuk kegiatan Survei Seismik 3D Balam SE, menjelaskan, tentunya mereka (PHR) tidak ingin meninggalkan kesan negatif terhadap pekerjaan ini.

Sehingga, kegiatan kompensasi yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk sebagai Pelaksana Utama kegiatan pada hari ini, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab moral dari PHR kepada warga yang terdampak. Tentunya apa yang mereka berikan, semua berdasarkan aturan yang berlaku di Kabupaten Rokan Hilir.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, membawa keberkahan kepada seluruh Stakeholder yang terlibat,” ucapnya.

Pantauan Awak Media dilapangan, kegiatan pembayaran kompensasi yang dilakukan Pertamina Hulu Rokan (PHR) kepada warga Desa Bangko Jaya yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk, adalah warga yang terlintasi Survei Siesmik 3D Balam SE.

Selama acara berlangsung, situasi terpantau aman dan terkendali. Acara yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB akan dilanjutkan esok hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Saya tinggal di Balam Km 5 – Bangko Permata, hingga saat ini belum ada ganti rugi terhadap rumah saya yang retak-ratak, padahal sudah difoto-foto, kontak person semua tidak bisa dihubungi.