Lolos Seleksi Tingkat Provinsi Ustadzah Nur Karimah, S. Pd Menuju Kandidat Penyuluh Award 2024 Tingkat Nasional, Kategori Literasi Al Qur’an

Sumut214 Dilihat

Sumatera Utara- Beritainvestigasi.com Selasa, 29 Mei 2024 bertempat di Hotel Nivia Medan, menjadi ajang gelaran Penyuluh Award 2024 Kementerian Agama Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Dengan panitia Penyelenggara Penais Zawa Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dalam hal ini Ibu Erni Sukmawati Harahap sebagai Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Tim Bidang Kepenyuluhan.

Tampil sebagai salah satu peserta terbaik 1 dari gelaran penyuluh Award 2024 Provinsi Sumatera Utara adalah Ustadzah Nur Karimah, S. Pd, dengan nilai 180, pada bidang Kategori Peningkatan Literasi Al Qur’an. Utusan Kementerian Agama Kota Pematang Siantar.

Lolos ditingkat provinsi mengantarkan Ustadzah Nur Karimah, S. Pd untuk menuju seleksi tingkat Nasional, dan telah menjadi nominasi di bidang Peningkatan Literasi Al Qur’an dengan Kode Daftar P. 1 48, dengan Judul Karya Ilmiah, “Palugada Penyuluhan Percepatan Literasi dan Pemberantasan Buta Huruf Al Qur’an Metode QISINTAPPING”

Menilik sejenak sejumlah aktifitas yang digeluti Ustadzah Nur Karimah, S. Pd, diabtaranya terdaftar sebagai Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kota Pematang Siantar, bertugas di KUA Kecamatan Siantar Martoba, spesifikasi Literasi Al Qur’an. Dengan jumlah binaan 25 majelis taklim, 15 Rumah Qur’an, 7 Titik pembinaan mualaf dan 2 Kelompok rentan. Beliau mempunyai dedikasi dan kinerja tinggi dengan ditandai pemberian sertifikat berkinerja baik dengan hasil pembinaan yang cukup banyak dan masif, sehingga mampu mengurangi buta huruf Al qur’an dalam jumlah ribuan. Serta mampu melakukan percepatan literasi Al Qur’an di segala usia, baik usia dini, usia anak-anak, usia remaja, usia dewasa dan usia lansia.

Diketahui Ustadzah Nur Karimah, S. Pd, telah menciptakan metode QISINTAPPING sebagai inovasinya untuk melakukan percepatan literasi dan Pemberantasan buta huruf Al Qur’an di kota Pematang Siantar. Yaitu sebuah metode belajar Al Qur’an berupa metode Talaqqi, dan tahsin tajwid untuk belajar cara baca Al Qur’an, dikombinasikan dengan metode belajar ilmu pengetahuan umum yaitu mind mapping untuk membantu tahsin tajwid dan memahami isi dari kandungan Al Qur’an.

Metode QISINTAPPING telah terbukti berhasil karena telah menghasilkan ribuan output. Dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Agama Kota Pematang Siantar, LPTQ, MUI dan PC NU Kota Pematang Siantar dalam bentuk sertifikat.

Dari prestasi ini, pada tanggal 1 Juni 2024, bertepatan pada upacara Harlah Pancasila Kementerian Agama Kota Pematang, Ustadzah Nur Karimah, S. Pd diberikan Apresiasi secara langsung oleh Kakan Kemenag Kota Pematang Siantar, atas kerja kerasnya menjadi penyuluh Agama Islam, yang telah mensukseskan program-program negara dalam koordinasi Kementerian Agama dan stage holdernya.

Ustadzah Nur Karimah, S. Pd juga turut aktif di kegiatan Masyarakat, menjadi pengurus organisasi dan menangani kegiatan kemanusiaan. Beliau menjadi Wakil Ketua Yayasan Mualaf Center Indonesia Daerah Kota Pematang Siantar, Pembina Guru Maghrib Mengaji, Pembina Mualaf di Sumatera Utara, Pembina Muslim Pedalaman, Pembina Muslim minoritas, pembina Majelis Taklim. Aktif juga dalam mengisi kajian ilmiah, majelis taklim, dan tabligh akbar. Beliau adalah Pimpinan Lembaga Cahaya Al Karimah, Founder Rumah Qur’an Cahaya Al Karimah, Founder Gerai Sedekah Second Al Barokah Ila Jannah, Founder Gerai UMKM dan Oleh-oleh Pematang Siantar Simalungun Al Barokah Ila Jannah. Aktif menulis buku, opini, catatan baik buku terbitan dan media sosial. Beliau juga seorang editor kepenulisan Penerbit Insan Bina Madani. Beliau ahli TIK dan Desain. Beliau adalah sosok yang humble, memasyarakat, peduli, penuh empati, pengayom dan sederhana. Mudah membaur dalam masyarakat, dari berbagai kalangan dari usia dini hingga lansia. Dan juga sering melakukan bhakti sosial berupa khitan masal berjumlah ratusan dengan gratis, membagi sembako untuk dhuafa, mualaf, fisabilillah, membagi ribuan Al qur’an, ratusan buku iqro, ratusan buku tuntunan sholat, alat sholat untuk mualaf, papan tulis, ratusan meja lipat, semua dibagikan secara GRATIS untuk para penerima manfaat.

Selain Apresiasi, banyak prestasi yang telah diraih, diantaranya, Juara 1 Penyuluh Award 2023 Tingkat Kota Pematang Siantar kategori Kelompok rentan, Juara 1 Penyuluh Award 2023 tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori kelompok rentan, Peserta Penyuluh award 2024 tingkat nasional.

Pada Tahun 2024 ini, kembali meraih Juara 1 Penyuluh award 2024 tingkat Kota Pematang Siantar Kategori Peningkatan literasi Al Qur’an, Juara 1 Penyuluh award 2024 tingkat Provinsi Sumatera Utara, kategori Peningkatan literasi Al Qur’an, dan Juga peserta Nominasi Penyuluh award 2024 Tingkat Nasional Kategori Peningkatan literasi Al Qur’an.

Gelaran Penyuluh Award bermaksud bukanlah sebagai ajang adu kepintaran, melainkan adu kinerja. Semoga apa yang telah dibuat dan di inovasi kan untuk kerja perbaikan umat dan pembangunan bangsa mengisi kemerdekaan, dapat mengantarkan pada hasil terbaik di gelaran Penyuluh award 2024 tingkat Nasional, Kementerian Agama Republik Indonesia. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Semoga apa yang di inginkan tercapai,menjadi penyuluh award yang membawakan kota pematang siantar yang kita cintain ini tercapai ya bu????????