Saluran Irigasi Nagori Pagarpinang yang Longsor, Kini Dialihkan dari lahan PTPN IV

Simalungun, Sumut413 Dilihat

Simalungun, Sumatera Utara- Beritainvestigasi.com Ratusan hektar sawah di sepanjang saluran irigasi yang terdapat di Nagori (Desa) Pagarpinang, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun sempat mengering disebabkan saluran irigasinya mengalami longsor dan kini jalur irigasinya tersebut telah dialihkan dari lahan PTPN IV Unit Bah Birong Ulu.

“Saluran irigasi di Nagori Pagarpinang yang longsor telah dialihkan dari lahan PTPN IV Unit Bah Birong Ulu dan saat ini sudah berfungsi,” jelas warga Nagori Pagarpinang, bermarga Situmorang dan Boru Sinaga di Dusun Silintong, Nagori Pagarpinang, Senin (11/12).

Dijelaskan Br. Situmorang tersebut bahwa Saluran Irigasi yang longsor itu sebelumnya masih tahap rehabilitas senilai Rp 1.378.114.000 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Simalungun 2023, namun tiba-tiba diterjang banjir pada saat intensitas hujan tinggi hingga longsor dan ratusan hektar sawah sempat kekeringan”. Tuturnya

Dirinya mengapresiasi pihak Managemen PTPN IV karena telah membantu mengeruk dan mengalihkan saluran irigasi tersebut dari lahan PTPN- IV untuk kebutuhan air di sejumlah hamparan sawah di Nagori Pagarpinang dan di desa tetangga.

Terpisah Managemen PTPN IV Unit Bah Birong Ulu, Ir. Arma Mulia Sirait, MM (Manajer) dan Indah Chipto Mulio (Asisten Kepala) melalui Dody Tisnamijaya Syahputra selaku Asisten Personalia Kebun menjelasakan bahwa pihaknya telah selesai membuat saluran irigasi persawahan sepanjang 60 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 3,5 meter yang berada di lahan PTPN IV dan lokasinya berada di sekitar saluran irigasi yang longsor.

 

” Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk membantu petani mengolah lahan pertanian di Nagori Pagarpinang dan sekitarnya” ujar Dody.

“Saya mewakili pimpinan Kebun Unit Bahbirong PTPN- IV berharap saluran irigasi yang baru tersebut bisa membantu para petani sehingga para petani dapat bercocok tanam padi, dan menerapkan pola tertib tanam serentak.” tandasnya mengakhiri (Gunawan, S/ Ass SDM Unit Bahbirong Ulu PTPN – IV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *