oleh

Suku Laut Butuh Perhatian Pemerintah

Batam – BeritaInvestigasi.Com. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Generasi Anak Melayu (Geram) Kepri Bersatu Kota Batam menjalani silahturahmi dengan Pulau Air Mas, RT 02/RW 03, Kelurahan Pulau Ngenang, Kota Batam, Selasa(31/8) siang.

Menurut, Ketua DPD Geram Kepri Bersatu Kota Batam, Dui Mardani kegiatan ini terlaksana setelah adanya intrusi langsung dari Ketua Geram Kepri Provinsi Kepulauan Riau, Aryandi, SE agar Ketua DPD Geram Kabupaten/Kota untuk menggelar silahturahmi bersama suku laut.

“Alhamdulillah silahturahmi kami berjalan dengan baik dan dapat bertemu langsung dengan Ketua RT nya Bapak Asep Mulyadi. Beliau juga sebagai tokoh masyarakat Pulau Air Mas. Karena 5 priode dipercaya oleh suku laut yang ada di daerah tersebut untuk menjadi ketua RT,” sebut Dui kepada media ini.

Dui menjelaskan hasil penelusuran Geram Kota Batam Suku Laut di Daerah Batam sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah agar mereka mendapatkan fasilitas yang sama seperti penduduk lainnya.

“Dari segi pelantarnya yang sudah lapuk dan papannya harus segera diganti. Karena pelabuhan tempat mereka bersandar saat ini sudah tidak layak lagi,” sebutnya.

Selain itu, menurut Dui, masyarakat Suku Laut yang ada ditempat tersebut sangat membutuhkan pasokan listrik yang selama ini belum lagi bisa mereka nikmati.

“Mereka saat ini membutuhkan listrik untuk belajar anak – anak suku laut,” katanya.

Saat ini, Suku Laut yang ada di Kelurahan Pulau Air Mas Kota Batam berjumlah 40 KK.” Mereka saat ini, sangat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah,” tutupnya.

Perlu diketahui Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup “berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan. (Budi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed