oleh

Wujudkan Kebersamaan Dalam Pembangunan yang Berkwalitas

 

Sosialisasi Pembangunan Jalan Desa Penjalaan oleh Dinas PUPR Kayong Utara, Kamis (04/11/2021)

Kayong Utara, Kalbar – Beritainvestigasi.com. Rencana pembangunan infastruktur jalan sebagai prasana mobilisasi masyarakat di Desa Penjalaan diharapkan memenuhi kwalitas yang maksimal. Guna memenuhi harapan tersebut, dilakukan sosialisasi oleh Dinas terkait yang membidanginya, bertempat di Gedung Sebaguna Desa Penjalaan, pada Kamis (04/11/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut, Kabid Bina Marga PUPR Kayong Utara, Endang Supriadi, S.Sos, M.Si, yang didampingi pegawai Dinas PUPR.

Turut hadir Kru Deka Indo Astra Putra (CV. OREGON) sebagai Penyedia, Konsultan Pengawas (CV Paravisi Consultan), Ketua dan anggota BPD Desa Penjalaan, Kepala Desa Penjalaan serta para Kepala Dusun, para RT dan Pemuka Masyarakat.

Dilaksanakannya sosialisasi ini sebagai bentuk transparansi serta upaya menjaga dan meminimalisir kendala dalam kegiatan pekerjaan, dengan harapan pekerjaan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik serta dapat segera dirasakan pembangunan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Kabid Bina Marga, Endang, menyampaikan, bahwa jalan dan jembatan merupakan insfratruktur dasar pembangunan, karena itu perlu membangun kebersamaan dalam pembangunan itu.

“Karena pembangunan tidak akan dikatakan berhasil jika tidak ada manfaat untuk masyarakat,” kata Endang.

Ditambahkannya, pengaturan lalu-lintas jalan juga harus dimusyawarahkan pihak kontaraktor bersama masyarakat yang berlalu-lalang mengangangkut hasil bumi.

“Agar tidak saling mengganggu ketika warga yang mengangkut buah sawit, kelapa atau yang lainnya dengan material yang akan masuk ke dalam Desa Penjalaan,” ujar Endang.

Isi kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acaara

Tokoh Masyarakat setempat, Sumardi berharap dalam pekerjaan tersebut agar berjalan lancar. Dirinya mengajak untuk melakukan ritual doa bersama.

“Saya harapkan sebelum memulai pekerjaan pembangunan jalan, pihak kontraktor dapat mengadakan Doa selamat yang sudah menjadi kebiasaan atau adat istiadat masyarakat setempat, dengan harapan pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan lancar, mengingat adat istiadat juga perlu dihormati sebelum pelaksanaan pembangunan dilaksanakan, sekaligus sebagai silaturahmi demi tercapainya rasa kebersamaan,” ucapnya.

Kemudian dalam acara sosialisasi tersebut juga menyepakati beberapa hal yang perlu diperhatikan pihak pelaksana pekerjaan, yang dituangkan dalam berita acara, dan tentunya tidak keluar dari ketentuan kontrak pembangunan yang sudah ditentukan pihak Dinas PUPR Kabupaten Kayong Utara.

Adapun isi dari kesepakatan tersebut berupa:
1. Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh CV Oregon yaitu HRS-WC lebar 3 meter, panjang 2000 meter, tinggi 7 cm. Jembatan, pemasangan Gorong-gorong 5 Unit, dan Rabat Beton lebar 3 meter, panjang 60 meter.

2. Waktu Pelaksanaan 60 Hari Kerja,

3. Jika terjadi kerusakan jalan, jembatan dan lain – lain yang dilewati alat di dalam pelaksanaan pekerjaan, dari pihak penyedia (CV. OREGON) siap bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

4. Pemerintahan Desa dan Masyarakat Desa Penjalaan siap mendukung proses pembangunan peningkatan Jalan Penjalaan-Rangkap sampai selesai.  (Ham/Vr).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed