Mengapa Honda Mobilio Sulit “100 Persen Lokal”

Otomotif818 Dilihat

Denpasar, KompasOtomotif – Mobilio yg ketika ini diproduksi Honda Prospect Motor (HPM) memiliki kandungan lokal 85 persen. Produktivitas pabrik di Karawang Timur, Bekasi, Jawa Barat, mampu digolongkan hampir maksimal.

“Barang yg belum dapat kalian produksi sendiri (lokal) adalah sistem kelistrikan (wiring). Kita selalu mendorong vendor lokal buat dapat memproduksi komponen tersebut. Saat ini kammi masih mengimpor dari Jepang dan Thailand,” kata Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida, di sela-sela acara test drive Mobilio di Bali, (1/2/2017).
Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy menguraikan ada dua syarat vendor dapat ikut memasok komponen. “Terpenting adalah memenuhi kualitas yg kita butuhkan. Lalu, mulai dikerjakan pengetesan oleh Honda Jepang,” ujar Jonfis dalam kesempatan berbeda.
Lantas seandainya telah 100 persen apakah harga jual mulai turun? “Harga turun sih tidak, cuma saja kalian mulai menaikkan spek tanpa harus membuat harga melambung dan makin kompetitif,” kata Jonfis.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *