oleh

Tak Mempunyai Penghasilan Tetap, Seorang Nenek Harapkan Perhatian Pemerintah

-Kampar, Riau-1018 Dilihat


Kampar, Riau – Beritainvestigasi.com. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) pada tingkat Nasional.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara Nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Kegiatan penyaluran bantuan melalui BAZNAS tersebut sungguh dirasakan manfaat oleh warga. Terutama untuk warga Fakir Miskin dan untuk warga Jompo penerima bantuan setiap bulan yang disalurkan oleh petugas BAZNAS tersebut.

Salah satunya seperti yang sudah dirasakan oleh warga Desa Bukit Ranah, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau yang bernama Suraya.

Suraya adalah seorang Warga Desa Bukit Ranah yang sehari-hari hidup sebatang kara di sebuah rumah batu bata dengan ukuran 3 X 3 Meter tanpa plaster

Dengan kondisi usia 70 tahun, Suraya tidak memiliki penghasilan tetap. Rumah yang berukuran 3 X 3 meter tersebut yang beralamat di Dusun Kampung Bukit RT 003 RW 002, Desa Bukit Ranah, Kecamatan Kampar merupakan rumah yang dibangun oleh keluarganya.

Hampir lebih kurang tiga tahun Nenek yang berusia 70 Tahun ini sudah merasakan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar.

Uang 300 Ribu Rupiah yang diterima setiap bulan menjadi penopang kehidupannya. Meski uang sebanyak itu tidak mencukupi untuk kehidupannya, namun melalui bantuan tersebut dia mengaku sangat terbantu.

” Iyo Pak Ambo mandapek bantuan setiap bulannya sebanyak tiga ratus ribu rupiah,” ujarnya dengan bahasa khas Kabupaten Kampar.

Dengan mata berkaca-kaca Suraya menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada petugas BAZNAS Kampar. Semoga ini menjadi ladang amal buat mereka.

” Terimakasih kepada BAZNAS Kampar, mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan mereka,” ucap Suraya.

Diakhir wawancara, Suraya yang tidak ada penghasilan tetap ini menyampaikan semoga ada perhatian khusus dari pemerintah khususnya Pemerintah Desa Bukit Ranah, pihak Kecamatan dan pihak Kabupaten Kabupaten.

” Saya berharap ada perhatian dari Pemerintahan Desa,” pungkasnya berharap.  (Wesly/Hen’s/PP/Red).

Editor : Wesly (Asesor Sertifikasi Kompetensi Wartawan/SKW).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed