Rohul Dilanda Banjir, Kapolres Pimpin Apel Penanggulangan dan Peduli Korban

Riau, Rohul161 Dilihat

Rokan Hulu, Riau – Beritainvestigasi.com. Tingginya intensitas hujan khususnya di bulan Desember 2023 ini, mengakibatkan sejumlah (titik) wilayah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terdampak banjir.

Kapolres Rohul, AKBP Budi Setiyono, S.I.K., M.H langsung memimpin Apel Peduli Korban Banjir di wilayah hukum (Wilkum) Polres Rohul, Rabu (27/12/2023) pagi.

Apel tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Rohul, Kompol Amru Hutauruk, S.H, Kasat Lantas, AKP Tatit Rixkiyan Hanafi, STK, SIK, Kasat Narkoba, AKP Refelita Ginting, S.H, Pama Polres Rohul, Ka. Laksa BPBD Rohul, Sondri Lokasa, Plt. Kadishub Rohul, Minarli Ismail SP, Camat Rambah, Sulfan Alwi dan Personil Polres Rohul, serta Relawan BPBD Rohul.

Kasat Intelkam Polres Rohul, Iptu Bunyamin, S H mengatakan, adapun giat Polres Rohul Peduli tersebut sebagai berikut, membuat pengadaan dapur umum, Evakuasi korban banjir dengan prioritas Lansia dan Ibu Hamil.

“Kemudian, bantuan tenaga terhadap penanganan korban banjir serta pembuatan Posko Bantuan Korban Banjir bekerjasama dengan BPBD,” ujar Iptu Bunyamin yang didampingi Kasubsie Sihumas, Aipda Mardinono Pasda, S H.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH menyampaikan sudah diketahui bersama, bahwa dari kemarin beberapa hari ini terjadi luapan sungai Batang Lubuh yang disebabkan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi sehingga membuat debit air meluap ke permukiman Masyakarat di Pasir Pengaraian.

“Polres Rohul bersama Pemda bekerja sama untuk melaksanakan evakuasi warga masyarakat dengan prioritas lansia,” katanya.

Lanjutnya, para Anggota dapat menjadikan kegiatan ini sebagai ladang ibadah, yang mana saat ini kita juga disibukkan dengan Operasi Mantap Brata dan Operasi Lilin 2023.

“BPBD Rohul akan menyiapkan Tenda untuk dijadikan Posko Bantuan Korban Banjir, sedangkan Polres Rokan Hulu membantu membuat dapur umum, agar bisa kita gunakan untuk memasak makanan dan membagikannya kepada masyarakat korban banjir. Sebab dirumahnya tidak bisa berbuat apa-apa untuk dimakan dan inilah upaya kita sebagai bentuk empati kepada masyarakat yang terdampak korban banjir,” papar Kapolres Budi, Setiyono mengakhiri.

Terpisah, dari hasil pantauan dan Rangkuman Awak Media ini kelapangan, wilayah yang terdampak Banjir tahun ini,terparah di Kecamatan Rambah atau Kota Pasir Pengaraian sekitarnya. Ratusan rumah Warga terdampak Banjir khususnya pemukiman Warga terdekat dengan bantaran Sungai Batang Lubuh. Kemudian, Banjir Juga Melanda wilayah Kecamatan Bonai Darussalam tepatnya, Desa Sontang dan Desa Bonai sekitarnya yang mengakibatkan akses Jalan atau lalulintas ke/dari Duri Bengkalis – Rohul terganggu. Banjir juga terjadi di Simpang Kumu sekitarnya,tepatnya di Desa Rambah ,kecamatan Rambah hilir yang mengakibatkan Kemacetan Panjang sore hari ini, Rabu (27/12/2023) dan puluhan Rumah warga tergenang air.

Sementara, di wilayah Kecamatan Tambusai,sejumlah Desa juga terdampak Banjir, yakni : Desa Batang Kumu, Kelurahan Tambusai Tengah /Dalu dalu, Dusun Kuala Tambusai Desa Sei Kumango,Kemudian di Dusun 1 ,2 dan 3 Desa Talikumain ada 187 KK dan 565 jiwa, serta 1 MDA dan 2 fasilitas Asrama Kaum Ibu terdampak banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *