oleh

Polres Bintan Dukung Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Perairan Kabupaten Bintan

Bintan, Kepri – Beritainvestigasi.com. Polres Bintan siap mendukung Operasi Gabungan Pengawasan terhadap Orang Asing Tahun 2021 yang memasuki wilayah Kabupaten Bintan baik melalui jalur darat maupun melalui jalur laut pada Selasa (02/11/2021).

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono, S.H., S.I.K., M.H. menjelaskan bahwa operasi gabungan tersebut melakukan Pengawasan Orang Asing yang dilaksanakan oleh Tim Gabungan yang terdiri dari beberapa instansi yaitu Kanwil Kemenkumham, Imigrasi, Syahbandar, KPLP, KKP, TNI-AL, dan Polri serta Pemkab Bintan, yang mana tim gabungan tersebut disingkat dengan nama Tim POA (Pengawasan Orang Asing), Tim POA tersebut sebagai implementasi POA Kabupaten Bintan yang dapat melakukan deteksi dini terkait keberadaan orang asing di wilayah Kabupaten Bintan.

Sasaran utama tim POA tersebut adalah melakukan pengawasan terhadap warga negara asing yang melakukan aktifitas di wilayah Kabupaten Bintan berupa kapal pencari ikan dan kapal pengangkut penumpang serta kapal lainnya yang terindikasi adanya warga negara asing yang melakukan aktifitas di wilayah Kabupaten Bintan, Tim POA akan melakukan pemeriksaan terhadap warga negara asing apakah sudah memenuhi administrasi sesuai ketentuan.

Operasi tersebut diawali dengan apel kesiapan yang dilaksanakan di Dermaga KPLP Tanjung Uban, selanjutnya dilakukan patroli laut dengan menggunakan 3 unit kapal patroli yaitu 2 unit Kapal Motor dan 1 Unit Rubber Boat, Tim POA melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang ada di perairan Tanjung Uban yang diduga ada warga negara asing di atas kapal tersebut, Salah satu kapal yang dilakukan pemeriksaan adalah KT Transko Rafuru namun tidak ada ditemukan warga negara asing di atas kapal tersebut, selanjutnya tim menuju perairan wisata lagoi sekaligus mengecek jalur/rute jalan masuk wisatawan Internasional dan Domestik dalam rangka kesiapan Bintan menghadapi pembukaan jalur Destinasi Wisata.  (W35/red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed