Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sumut Kunjungi Rutan Tarutung

Sumut, Taput344 Dilihat
Ket. Photo : Tim Monev Kemenkumham Kanwil Sumut saat Kunker ke Rutan Tarutung.

Taput, SumutBeritainvestigasi.con. Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kanwil Kemenkumham Sumut yang dipimpin Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Kriston Napitupulu melakukan kunjungan kerja di Rutan Kelas IIB Tarutung, Kamis (21/12/2023).

Dalam kunjungan kali ini, penguatan Tugas dan Fungsi (Tusi) pemasyarakatan serta penguatan pengamanan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 menjadi tujuan dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

“Kepada seluruh jajaran Rutan Tarutung agar selalu melaksanakan 3 kunci pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, memberantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum,” ujar Kriston Napitupulu.

Selain itu, Ia juga menekankan betapa pentingnya keamanan dan ketertiban dalam lingkungan Rutan, terutama dalam situasi libur Natal dan Tahun Baru yang rawan akan potensi gangguan.

“Kita harus memastikan bahwa keamanan dan ketertiban di Lapas / Rutan tetap terjaga, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para Warga Binaan serta mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan,” sebutnya.

Dimana caranya dengan meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam serta memperbantukan Petugas Staf dan membuat piket tambahan. Kemudian melakukan koordinasi dengan TNI/Polri, Pemadam Kebakaran dan BPBD dalam membantu pelaksanaannya.

Ditambah dengan meningkatkan kegiatan intelijen serta mengoptimalisasi kegiatan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) untuk memastikan seluruh Petugas melaksanakan SOP dan tidak melakukan penyalahgunaan wewenang.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus mengungkapkan harapannya dimana dengan arahan dan konsultasi yang diterima, Rutan Tarutung menjadi lebih baik kedepannya.

“Dengan kegiatan monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumatera Utara, Kami sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Monev Kanwil karena hasil dari Monev ini dapat Kami pergunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru serta sebagai bahan evaluasi atas kinerja Kami selama ini.

“Sekaligus Kami dapat langsung berkonsultasi, melakukan langkah-langkah yang terbaik agar ke depannya Kami bisa melaksanakan tugas dengan semakin baik”, sebutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *